Minggu, 04 Desember 2011

Hindari Copas Tuntas, CahNdeso Belajar Nulis Artikel (Sebuah Renungan)

Menulis sebuah artikel bukanlah pekerjaan yang sulit, tapi tidak juga mudah. Boleh dikata, bisa dianggap sulit dan bisa pula dianggap sepele. Apabila saya menulis untuk postingan blog pribadi, tentu sangat mudah, karena tidak diperlukan persyaratan sebagaimana biasa ditentukan untuk sebuah artikel yang akan saya kirimkan ke sebuah media massa terlebih untuk sebuah buku cetakan yang berkelas ilmiah.

Sebagai pemilik blog, saya dituntut untuk mampu menuangkan berbagai fakta, teori, eksprimen, pengalaman maupun impian dan khayalan, dalam bentuk tulisan. Kalimat yang saya rangkai sudah tentu harus sesuai dengan tema atau topik yang saya bahas. Jika diperlukan, saya isilah dengan variasi artikel yang inspiratif, kreatif dan cerdas, sehingga banyak diminati oleh pembaca, kecuali untuk sebuah blog yang biasanya memang memfokuskan diri dengan lebel khusus semisal tutorial blogging, reviuw software/hardware, dsb.

Kemauan dan kemampuan untuk membuat ulasan, dengan rangkaian kalimat yang mudah diterima oleh pembaca, sebaiknya dimiliki oleh seorang blogger seperti saya ini. Dengan demikian budaya copas tuntas dan plagiatisme tidak menjadi "lebel" blog saya, sekaligus visitor/pengunjung blog merasa betah saat menyimak sajian saya. Visitor merasa betah, karena memperoleh tambahan ilmu pengetahuan maupun sekedar informasi belaka. Hingga pada akhirnya, baik Om Google maupun Tante Yahoo, dan berbagai search engine, akan dengan senang hati pula memberikan penghargaan pada blog saya.

Modal Saya Menulis
  1. Hingga penghujung tahun 1980-an, banyak perusahaan penerbitan media massa yang masih memiliki redaksi/wartawan yang akrab dengan stenografi. Terutama untuk mereka yang terbilang senior, yang juga lebih terlatih memakai mesin ketik manual. Para senior ini yang bekerja di Jawa Pos Group maupun Kompas Group, untuk beberapa lama masih mengandalkan stenografi dan mesin ketik. Berbeda dengan wartawan pendatang baru, yang sudah disyaratkan harus bisa mengoperasikan komputer.

    Bagi para blogger seperti saya, sudah barang tentu stenografi dan mesin ketika manual menjadi barang klasik yang layak dimuseumkan. Begitu pula tentunya untuk wartawan/redaksi yang muda-muda, saya kira banyak sekali yang buta stenografi, dan lebih hafal javascript atau html. Komputer, laptop, notebook/nettbook menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Itu artinya, seorang blogger kreatif harus memiliki dan mampu mengoperasikan piranti teknologi informasi dengan baik.

  2. Para guru besar, profesor, saintis, jurnalis handal dan penulis buku, memiliki hobby membaca dan menyimak artikel atau buku dengan seksama. Dari kegiatan membaca tulisan orang lain, akan mengasah kecerdasan, pengetahuan bertambah, teori dan berbagai keterampilan terus meningkat, watak atau karakteristik terus ditempa. Selanjutnya akan muncul inspirasi, kreativitas dan minat untuk memulai menuangkan apa yang ada dalam pikiran.

    Bila ingin mengisi blog saya dengan tulisan sendiri yang kreatif dan cerdas, maka menjadi kebutuhan utama saya untuk rajin surfing dan membaca tulisan yang ada di blog orang lain, atau dari media cetak. Dengan catatan, bahwa tidak sembarang artikel dari sebuah blog saya jadikan rujukan/referensi, karena banyak sekali blog (dan juga buku cetakan) yang artikelnya tidak berkualitas dipandang dari sudut sains maupun parameter logika dan bahasa. Ilmu pengetahuan adalah modal utama untuk mampu menyajikan sebuah artikel yang disukai pengunjung blog. Karenanya saya usahakan untuk rajin membaca artikel, buku dan mengunjungi blog hasil karya tulis ilmuwan/pakar, dan juga blog para sahabat saya.

  3. Memiliki kepekaan jurnalisme dan mampu mengambil hikmah dari apa yang saya lihat/baca/alami, kemudian menuangkannya dalam tulisan. Ada beberapa blog sahabat yang sering saya singgahi saat blog walking, yang menyajikan berbagai fenomena peristiwa sehari-hari, dengan gaya yang menarik. Mereka menyajikan dengan gaya bahasa sesuai dengan performance blognya. Namun saya bisa menerima apa yang diungkapkan, kendati hanya memakai bahasa sehari-hari dengan logat kontemporer. Temanya sama dengan berita/tulisan di situs/blog lain, tapi sahabat blogger ini tidak copas, sungguh-sungguh kreatif dan inspiratif. Karena banyaknya blogger yang berkelas ini, saya sengaja tidak menyebutkan khsusus. Tetapi dalam beberapa kunjungan, saya sudah tulis komentar dengan sisipan yang memuji ciri khas artikel mereka! Insyaallah saat membaca ini, sahabat blogger (pria/wanita) yang saya maksud, akan langsung tahu bahwa mereka-lah yang saya puji itu.

  4. Rendah hati dan merasa masih selalu perlu menimba ilmu, modal yang patut dimiliki seorang blogger. Pembaca akan merasa dihormati dan tidak disepelekan, pengunjung menjadi betah mengkonsumsi sajian di blog.

    Menjadi blogger, tidak perlu tingkat intelektual yang tinggi dan kualitas ilmu yang muluk-muluk. Ada yang lebih penting dari itu ialah bagaimana saya menyajikan hidangan kepada pengunjung tanpa harus membuat tamu saya kesal dan bosan. Visitor tidak saya ibaratkan pasien atau murid. Saya memposisikan mereka sebagai sahabat yang sejajar dalam segala hal dengan saya. Barangkali faktanya memang demikian, pengunjung blog saya ini tingkat kepakarannya sama dengan saya. Celah kekurangannya pun sama dengan saya, hanya berbeda dari sisi mana saya menilainya. Nah, apabila mereka datang atau sebaliknya saya berkunjung ke blog mereka (bila sesama blogger), maka saya bisa saling mengisi kekurangan, mensinergikan perbedaan dan menyamakan visi, yang dapat dilakukan melalui komentar interaktif.

  5. Berpikir positif, memberikan yang terbaik bagi kelestarian komunitas dan alam lingkungan. Sajikan fakta yang negatif tidak dengan maksud mendeskreditkan obyek tulisan, namun bertujuan positif demi perbaikan kehidupan masa depan yang universal. Bagi saya pribadi sangat sederhana, saya berpikir positif bahwa hidup ini bukan lagi untuk saya sendiri melainkan demi masa depan anak(-anak) saya.

    Kendati demikian, tidak jarang, saya terpaksa memberikan ulasan disertai fakta yang menyudutkan seseorang atau suatu komunitas. Namun saya berusaha keras, apa yang saya tulis itu selalu mengesampingkan emosi/kepentingan pribadi. Mendahulukan hati nurani, menjunjung nilai-nilai etika, estetika dan norma-norma hukum. Disertai solusi dan harapan yang sungguh-sungguh dibutuhkan sebagai jalan pemecahan masalah. Bersifat inspiratif, serta memberi kekuatan gaib/sugestif yang menggerakkan rasa, cipta, dan karsa  untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih bermakna.
Saya mesti senantiasa ingat, bahwa apapun yang saya lakukan di blog saya, sama sekali tidak akan mengundang datangnya fulus (duwit), bila netter tidak satupun mau singgah di situs saya. Sampai hari ini, saya belum merasakan nikmatnya duwit hasil blogging, sebaliknya jutaan rupiah telah saya habiskan selama tiga tahun menggeluti dunia blogging. Saya tetap bahagia, saya tetap mencoba eksis, dan saya justru merasakan kenikmatan, kebahagiaan bukan karena duwit dari blogging, melainkan karena kunjungan para sahabat tercinta.
    Saya merasa terharu, dan saya berharap -bermunajjad- pada Ilahi Robbi, agar setiap kunjungan sahabat ke blog ini, mampu saya balas disertai dengan bonus yang menjadi harapan sahabat-sahabat saya, dan sudah tentu juga jadi idaman saya sebagai blogger!
      Apa yang saya tulis ini, adalah empiris dan keluar dari lubuk hati saya. Mari berbagi yang bermanfaat dan barokah melalui dunia maya. Saya menyempatkan komentar di blog yang saya kunjungi, mengklik ads dan/atau menekan +1, akan saya utamakan. Harapan saya, sahabat blogger melakukann hal yang sama terhadap blog saya. Walaupun kenyataannya, sangat banyak sahabat yang "lupa" berbagi amal dengan syariat (tindakan), lebih sering hanya "lips service" alias janji-janji manis.
        Keep in touch by "Lakukan apa yang Anda harap dilakukan oleh sahabat Anda terhadap diri Anda, dan jangan kenal putus asa!". Salam Sahabat....

        (Kutulis untuk anak-anakku tercinta, maafkan Abah tidak mampu mewariskan harta!)  

        Artikel yang barangkali menarik perhatian Anda:

        71 Komentar:

        Asli Urang Banua mengatakan...

        Wah,.. sgt ber'wawasan artikel'nya dangsanak,.
        Unda kasih +1 gasan artikel pian..

        Sukses Sahabatku.. !

        Zikir dan Kontemplasi mengatakan...

        Assalamualaikum wr. wb.
        Sungguh luar biasa, ungkapan sahabatku ini, memang pertama kali saya mengunjungi blog cahndeso ini, saya sangat berkesan, tidak hanya blognya saja, tapi juga mpunya blog ini, dalam hati saya berkata mpunya pastilah seorang blogger yang berkarakter, mempunyai komitmen yang tinggi, punya kepedulian dan sangat dihormati, sahabatku walaupun beaya yang kita keluarkan untuk ngeblog lebih banyak dari hasil ngeblog itu sendiri, alias tekor, namun kita mendapatkan kepuasan batin yang tak ternilai.
        Saya blogger baru banyak belajar kepada sahabat.
        Sukses selalu

        wasalam

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Asli Urang Banua: Tarimakasih, Dingsanakku, Insyaallah unda gin siap mambari ikam bonus nang sama... Salam Palui... (xixixi... ingat lawan kecerdasan si Palui pa Kadak???)

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Zikir dan Kontemplasi: Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh; Sahabatku, terkadang pujian itu dapat menyesatkan. Semoga, Allah merdihoi kita dengan kasih dan sayang-NYa. Hidup hanya sekali, dan saya merasa beruntung ada hosting gratis untuk menuliskan sesuatu... jadi sesungguhnya.. saya blogging hanya memanfaatkan blogspot, dll. yang gratis... suatu saat, tatkala saya 'tidur' di balik bumi, niscaya (kalau tidak dipancung om Google) masih adalah warisan yang bisa dibaca oleh anak-cucu saya..xixixi...

        Amy mengatakan...

        aku buka tes cpns, yang mejeng bajunya seksi juga, hehehe... sukses ya

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Ami: Jenk Ami sudah buka to?! Itu kan baik, dan bisa menambah wawasan calon peserta CPNS. Menurut saya contoh soal yang ada pun hampir 70 persen jadi bahan ujian. Thanks, Jenk Ami... salam sahabat.

        Unknown mengatakan...

        Benar Cah,saya coba kemarin satu artikel copas tuntas(toh etika masih terjaga).Tujuan awal mempelajari gimana posisi Cinta Pertama David Beckham saya dimata mesin pencarian google tanpa saya edit,namun tetap dimata google tak dihargai.Saya jadi kapok copas tuntas.Sebuah renungan yang sangat berarti untuk saya,makasih ya semoga Mbah Cah tetap sehat untuk terus memberikan wejangannya bagi kita-kita yg lagi belajar ngeblog.Happy wekend and happy blogging.

        Rama88 mengatakan...

        copas tuntas terkadang bisa bagus juga di SE, tapi terkadang malah gak terindex di pageone,, menulis dgn karya sendiri mungkin lebih baik,, ehehhee

        Samsul Bahri mengatakan...

        Mantap, saya termasuk pengunjung setia "cahndeso" artikel sangat bermanfaat terutama bagi saya yg baru belajar ngeblog (baru 2 bulan diluncurkan)banyak pelajaran yg saya dapatkan dari blog ini... terima kasih.

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Er'end: Terimakasih sahabat, info dari Anda bisa dijadikan perbandingan oleh Sahabat lainnya. Saya sendiri pun, sering kok copas tuntas utamanya untuk hal-hal (tema tulisan) tertentu dan saya anggap artikelnya berkualitas di copas tuntas. Sudah tentu, link penulisnya saya sertakan.
        Salam sahabat....

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Rama88: Betul, Bro. Saya pernah baca keluhan seorang Sahabat Blogger, yang mengatakan bahwa blog yang meng-copas artikelnya justru di SE (search engine) memperoleh tempat lebih terhormat dibading dengan blognya. Tapi itu kasus terjadi sebelum Om Google dan berbagai SE melakukan "reformasi". Tahun 2012, jangan harap artikel copas mendapat perlakuan terpuji dari SE. Kita lihat saja nanti... salam sahabat.

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Samsul Bahri: Salam sahabat, semoga pujian Anda justru membuat blog "CahNdeso" cemerlang gebyarnya. Perlu saya sampaikan selamat datang dan semoga sukses sebagai blogger. Artikel di blog ini boleh kok di copas bila memang bermanfaat, jika sudi menyertakan link "CahNdeso", tentu sangat menyenangkan hati saya. Andaikata lupa menyertakan link sumbernya, ya tidak masalah...

        ismanpunggul mengatakan...

        Kugaris bawahi paragraf penghujung dari artikelnya Mas. Seperti halnya Aku, ada kepuasan tersendiri bahkan tak mampu dizahirkan jika karya yang kita (bukan hasil kopas) dapat dinikmati orang lain. Bukan karena fulus. Apalagi jika bisa muncul pula dihalaman pertama pencarian google (mungkin bagian ini untuk yang jago SEO).

        Salut! Mas mampu (bahkan mahir) menuangkan isi hati ke dalam sebuah tulisan dengan bahasa yang mengalir, mudah dicerna, dan asyik untuk dibaca. (Jangan bilang siapa2) Aku iri! hahahahaha

        Iskaruji dot com mengatakan...

        Jadi teringat ceramah salah satu tutor pada lomba karya ilmiah belasan tahun silam Mbah...hehe. Ada yang sedikit berbeda saat saya menulis di media blog ini. Jika kita menulis biasa, targetnya sudah jelas punya nyawa (manusia). Menulis di blog targetnya jadi dua, Manusia sama Robot (Search Engine). Mengapa robot saya pikirin? ehm...mungkin karena saya kurang suka makan singkong segar yang baru dicabut dari tanah dikupas dan dimakan. Halal dan bergizi..ming yo kae..ra enak...haha..nice post and happy blogging!

        By the way sepakat +1..

        Lyliana Thia mengatakan...

        saya salut sob, sampeyan bisa menulis sebanyak ini padahal tak ada info copas dari tmpt lain.. hehe..

        saya kadang juga copas krn keterbatasan pengetahuan saya sih, tentu dgn menyertakan link-nya, dan saya copas terutama untuk catatan saya pribadi... rasanya seperti membuat skripsi dgn berbagai referensi :-)

        semoga blognya makin exist ya sob, salam :-)

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ ismanpunggul: Salam sahabat, pertengahan tahun 1990, saya menjadi sempat anggota salah satu sanggar menulis dari komunitas yang seprofesi dengan Kangmas yakni Guru. Namun, ketika giliran untuk menerbitkan buku karya terjadi "persaingan" tidak sehat, saya 'diam-diam' mengundurkan diri. Berpaling menjadi penulis lepas (a freelancer) kadang dapat honor, kadang hanya "terimakasih".

        Sebagai guru, Kangmas, sangat kreatif dan produktif. Saya salut, dan itupun tentunya akan dihargai pula oleh pemerintah (yang mengawasi guru, tentunya). Fulus bukan segalanya, suasana hati dan keceriaan jiwa, adalah sumber kebahagiaan saya sebagai blogger. Bagi Kangkmas, menyaksikan mantan siswa menjadi tokoh dan populer, pasti membahagiakan, sekalipun sang siswa itu melupakan Kangmas..iya kan?!

        Nah... kebahagiaan saya adalah ketika pengunjung blog saya menjadi betah dan SE menilai saya dengan tolok ukur sepadan.

        Salam sahabat, dan saya sangat iri pada Kangmas, seorang guru yang setiap hari sibuk dengan siswa dan malamnya harus menyiapkan berbagai piranti KTSP, justru masih sanggup setia sebagai blogger!

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Iskaruji dot com: Kangmas Iskaruji ini kalau tidak salah adalah jebolan fakultas ekonomi salah satu PT di Yogyakarta, yang pernah melanglang-buana ke berbagai pulau di luar Jawa. Diplomasi bisnisnya menyentuh langsung ke jantung Om Google dan ...jantung saya pastinya.

        Memang betul, Kangmas, media blog/situs memiliki dimensi berbeda dengan media cetak; karena itulah, bila ada sebuah blog yang dikelola oleh seseorang (bukan organisasi!) ternyata mampu menonjol di mata Robot/SE dengan ranking terhormat (seperti iskaruji.com/ misalnya!) dengan pengunjung harian yang berjubel, para bloger patut iri hati dan cemburu sosial. Sebab, blog tersebut sudah pasti bisa menangguk fulus melalui Paypall dan western union..xixixi... God bless you, Bradhe... thanks for +1.. I always remember!

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Lyliana Thia: Terimakasih, Jenk dan salam sahabat; sesungguhnya budaya Copas sudah tradisi dilakukan oleh manusia. Seorang anak diajari oleh ibunya untuk menirukan bicara "ba" atau "bu"; Bahkan ilmuwan kini mampu meng-copy makhluk hidup dengan cara cloning (Cloning in biology is the process of producing similar populations of genetically identical individuals that occurs in nature when organisms such as bacteria).

        Allah SWT mengutus Rasul/Nabi-NYA sebagai obyek suri tauladan dengan harapan akhlaqul kariimah para Rasul/Nabi dicontoh (=dicopas), iya kan? Akan tetapi meng-cloning sosok manusia (dan hewan?!) dilarang keras dalam Islam juga ditentang oleh banyak ilmuwan. Mengapa?! Copas tuntas ada indikasi dianggap perbuatan tidak terpuji di mata kaum intelektual dan hukum alam.

        Pada hakikatnya, sepanjang hidup kita tidak terlepas dari budaya copas, walau sekedar menirukan unggah-ungguh/sopan-santun... (kalau tidak salah..xixixi).

        Ririe Khayan mengatakan...

        Setuju banget dengan semua point yg di tulis. semangat dan happy blogging. Semuanya udah di tulis dalam srtikel, jadi speechless

        zaenal Blog mengatakan...

        sbuah tulisan dan wwasan Blogging yang diulas secara akademis dan kreatif dikolaborasikan dengan bahasa yang sangat tertata dan imajinatof...

        luarbiasa sob, terharu saya membacanya, kebetulan saya baru beberapa bulan mengeluti dunia blogger dan Blogging, memang indah rasanya ternyata....
        sbuat kepuasan tersendiri dapat berbagi dengan para sahabat blogger.....memang benar ungkapan para sahabat bahwa "Blogging is Sharing".

        Trimakasih Sahabat Trenggalek jelita ulasan yang sangat Inspiratif...selamat beraktifitas

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ zaenal Blog: Hu-hu-hu-hu, thanks banget pujian nan mendayu-dayu... Salam sahabat, semoga kita bisa selalu bersahabat dan saling berbagi kesenangan dan keindahan by blogging.

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Ririe Khayan: Salam sahabat, my Sagitarius Princess..; Makasih banget atas dukungan/support dan kehadiran panjenengan. I love you...

        Muhammad Iqbal K mengatakan...

        absen malem disini gan :) hehee

        BlogS of Hariyanto mengatakan...

        stenografi sepertinya sudah terlupakan sobat, bahkan mungkin saja masa kini orang sudah tidak tahu apa itu stenografi, tapi bagi mahasiswi akademi kesekretarisan masih diberikan materi kuliah stenografi, karena memang sekretaris harus bisa membuat catatan cepat apa perintah dan pesan dari bos :-)
        btw- mohon izin sahabat follow #862 sukses terlaksana...salam :-)

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Cirebon-Cyber4rt: Yup, Thanks, Guys..salam sahabat

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ BlogS of Hariyanto: Ternyata di akademi sekretaris, stenografi masih wajib, iya?! Menurut saya stenograf memang lebih cepat daripada menekan tuts keyboards.
        Wow.. Anda baru foll-back saya, iya... Thanks berat, Guys. Kalau saya sejak dulu mau follow Ki Daeng, tapi kok gak ada GFC-nya iyaaa..?!
        Salam sahabat.

        satu mengatakan...

        selamat malam, saya ingin mengajak tukeran link,
        ini blog saya
        http://blog.umy.ac.id/satu/

        terima kasih sebelumnya

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ satu : Siap melayani tukar link dan follow blog... Siaaaap, Grak - link Raden Bagus satu, sukses dipancangkan di Blog CahNdeso. Laporan selesai. Hormat Sahabat...

        radio nasyid mengatakan...

        setuju setuju setuju

        CahNdeso mengatakan...

        @ radio nasyid: Bila setuju artinya, siap juga bersahabat dengan saya, ya Gan... salam sahabat. Thanks, God bless you...

        Universitas terbaik mengatakan...

        kok ga bisa gerak ya di tempat saya, ada yg salah kah?

        CahNdeso mengatakan...

        @ Universitas terbaik: Maksud Anda yang gak bisa gerak apanya, Bro...???

        zaenal Blog mengatakan...

        setuju sekali sahabat, sebanyak yang kita berikan, maka sebanyak itulah yang akan kita dapatkan, bahkan lebih....jadi kamusnya adalah mendahulukan "Give and take" dan bukan "take and give", mungkin seperti itu kali ya mas...

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ zaenal Blog: Benar, Bro... tapi kita juga harus maklum, bahwa dunia maya memang bukan dunia darat..xixixi.. God bless you, Guys

        Tanda-Tanda Hari Kiamat Besar mengatakan...

        subhanallah.. postingnya sangat menginspirasi khususnya anak muda seperti saya.
        kisah perjalanan penulis ndeso, ternyata (masih ada) mengutamakan memberi daripada menerima.
        maju blogger indonesia..

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Tanda-Tanda Hari Kiamat Besar: Alhamdulillah, benarkah menginspirasi, Bro... Mudah-mudahan juga mensugestif kita untuk sungguh-sungguh berbagi kemaslahatan fiddunya khatthal akhirat. Amin.

        kesha learn mengatakan...

        nice post bro..i think so

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ kesha learn: Yups... thanks, Guys, mari kita saling dukung dan berbagi kemaslahatan by blogging.

        Adsloko mengatakan...

        Salam kenal untuk semua pengunjung cangkrug-ane cahndeso, mantab cara berpikirnya.

        blogwalking dari kota sebelah

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Adsloko: Salam kenal langsung dirangkul, tiba'e tonggo dhewe, taa....

        ryman mengatakan...

        izin nyimak gan...

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ ryman: Siiii..ip, Bro. Salam sahabat, Handphone Anda sekarang makin canggih aja!!!

        lina@happy family mengatakan...

        Salut kepada pemilik blog ini :)

        copas 4 islam mengatakan...

        Assalamualaikum :D artikelnya bagus pak :)

        Ririe Khayan mengatakan...

        Tetap semangat, kalau ada yang ngambil tulisan semoga bermanfaat...*biar gak stress*

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ copas 4 islam: Waalaimumsalam warohmatullahi wabarokatuh... artikelnya bagus??? Bermanfaat apa gak, iyaa?!? Okay, thanks and salam sahabat

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Ririe Khayan: Tetap semangat dan energik... setuju.. toh tulisan kita gak akan dibawa mati...xixixi... salam sahabat, sukses selalu, my Princess; Thanks and Gods bless you..

        Bisnis Online Blog mengatakan...

        Belajar menulis dengan hati sob, agar menjadi penulis yang baik.

        Anonim mengatakan...

        wahh benar-benar bermanfaat nih

        zhaynuddin mengatakan...

        trimakasih gan atas infonya, berkunjung balik yah

        Unknown mengatakan...

        Sekarang sudah enggak lagi kopas tuntas,cuma kopas dikit-dikit,hehe.
        Nunggu berita kapal karam di Trenggalek,di posting kawan yach,makasih perhatiannya,happy blogging.

        ghea mengatakan...

        wah keren postingannya gan,nambah info n pengetahuan,,oya kalo boleh tukeran link ini link saya
        http://blog.umy.ac.id/ghea
        kalo sudah terpasang kabarin ya gan.. thx

        CahNdeso mengatakan...

        @ Bisnis Online Blog: Menulis dengan hati, kalau ngetik keyboard pakai apa, Bro.. xixixi..thanks, intermezo..aja...;

        @ zhayhacker: Tenk-qiu, Guys..salam sahabat.

        Maaf baru bisa balesss.. lagi fokus berdukacita atas karamnya kapal imigran dari Timteng...

        CahNdeso mengatakan...

        @ Bisnis Online Blog: Okay, Bro..thanks, and always happy for you..

        CahNdeso mengatakan...

        @ Raihan Mar'ie Ramadhan : Okay, Bro.. insyaallah bentar lagi ana posting... Thanks, God bless you, my Friend

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ ghea: Okay, Ghea..langsung daku tancapkan dengan kokoh di 'my friends blogs'... Salam sahabat.

        ASalim mengatakan...

        Terima kasih telah berkunjung , semoga tetap semangat menulis. Aku masih belajar apalagi menulis panjaaang belum bisa.

        ♛RaRa♛ mengatakan...

        nice entry :)

        Save and sex mengatakan...

        ^_^ saya masih kesulitan,,, :D btw maaf pak baru dateng nih,,, lama baru nongol,, langsung sundul :D

        kangmif gubugtasbeh mengatakan...

        Salam salim kenal dari saya gan DjawerNdeso,
        Rahayu

        Kartika Dewi mengatakan...

        Hmmm Luarrr biaasaa skali artikelnya bang. ijin buat baca2 artikelnya ya bang. bgs2 infonya.Oya dah aku Followbak bang. Terima Kasih.

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ ASalim: Salam Sahabat, thanks sudah hadir di sini. Belajar kita mulai sejak dari buaian hingga ke liang lahat... ane juga masih belajar, Bro...

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Save and sex: Kesulitan apanya??? Soal Online terkadang memang ada hambatan, namun kita (dikau dan daku) tentu berusaha untuk aktif, produktif dan selalu energik. Namun, daku juga sudah satu minggu ini tidak maksimal, sebab sibuk dengan "imigran illegal" yang mengalami kecelakaan.. Okay, thanks and best regard

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ kang mif bakoel tasbeh: Salam salim, salam muslim, salam takzim..buat DjawerNdeso,
        Rahayu juga... sukses buat dikau, Bro

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @ Kartika Dewi: Matursuwun Dinda nan manis-cantik, tenk-qiu sudi foll-back anak desa. Always remember you every online.. always come to you, my Princess...

        BlogS of Hariyanto mengatakan...

        hadir lagi menyapa sahabat :)

        CahNdeso mengatakan...

        @ BlogS of Hariyanto: Sangat terima kasih, Sahabatku... dikau memang sahabat sejatiku. Forever in my heart... Insyaallah!

        M. Muchlis mengatakan...

        Belajar bikin artikel sendiri tanpa copas sedikitpun emang suatu kepuasan tersendiri, walaupun tulisan saya masih amburadul, belom banyak dan itupun ambil inspirasi dari wacana seorang tokoh, kalo lagi ga ada ide ya copas aja.. hehehe
        makasih artikelnya, membuat saya lebih bersemangat lagi untuk jadi blogger sejati .. :) :) :)

        ICAH BANJARMASIN mengatakan...

        Halloooo julakkkk..baelang nah..umai bungas banar blognya wayah ni..lahh...hahahahhyyy..pa kbr lawas kd muncul?

        Lina CahNdeso mengatakan...

        @Muhammad Muchlis dan @ICAH BANJARMASIN: Maaf yaaa... baru bisa respons komentar andika berdua; maklum, Abah sekarang sangat jarang aktif di blog ini. Salam sahabat... God bless you

        Hamkani mengatakan...

        Mantap infonya, kayaknya saya harus banyak belajar dari blog ini.

        Posting Komentar

        "Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

        Please Read This For Peace
        (Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




        Disclaimer

        I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
        All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

        Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

        I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
        in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
        deal of thing which will be useful for advancing our human values.
        For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


        Yours sincerely and best regard.
        [Lina CahNdeso]

        Categories

        Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (255) Artikel (223) Info (212) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (161) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (86) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (83) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (63) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Artikel-Copas (21) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (9) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
        Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

         
        Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

        Back To Top