Minggu, 01 Januari 2012

Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan Yang Tetap Cantik, Seksi dan Muda Belia

Akhir Tahun 2010 memasuki Tahun Baru, 1 Januari 2011, saya menulis "Akhir Tahun 2010, Aku Menyablon Gambar Naga Pada Punggung Kaosku". Dan kali ini, akhir tahun 2011, memasuki Tahun Baru, 1 Januari 2012, saya menyuguhkan sebuah lukisan yang unik, langka dan bernilai mistis, sakral sekaligus berkualitas seni tinggi. Lukisan Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan) yang cantik dan selalu tetap belia itu didampingi ole Nyi Blorong, sang abdi yang kinasih dan setia, seperti terlihat pada gambar di atas.

Sengaja dalam tampilan gambar dengan bingkai emas tersebut, saya cantumkan identitas blog ini, jika Sahabat blogger dan pengunjung "Trenggalek Jelita" mau mendownload gambar aslinya, silahkan klik di sini. Gambar di atas tidak saya bumbui selain yang saya katakan, yakni bingkai dan identitas "Cangkrug-ane CahNdeso". Bila Sahabat ingin melihat lebih jelas, klik gambar tersebut untuk memperbesar.

Saya sengaja menjadikan foto yang diambil dari sebuah lukisan milik Gus Junawi, seorang supranatural asli Tulungagung sebagai topik tulisan perdana tahun 2012. Gus Junawi oleh masyarakat sekitar lebih populer dengan julukan "Robin Hood" layaknya tokoh dalam cerita rakyat Inggris. Robin Hood adalah seorang bangsawan yang menjadi musuh Sheriff of Nottingham atau Prince John, melawan pejabat yang korupsi untuk kepentingan rakyat. Ia memimpin 140 orang yang disebut "Merry Men". Robin Hood memiliki jiwa sosial dan sangat peduli pada rakyat kecil.

Gus Junawi memang seorang yang sangat dermawan, harta yang dia peroleh bukan untuk kemewahan dirinya dan keluarga, melainkan dibagi-bagikan kepada keluarga miskin yang membutuhkan bantuan/pertolongan. Meskipun dia masih muda, gagah dan tampan serta masih perjaka, dia lebih senang menikahi seorang janda beranak tiga. Sekalipun memiliki uang ratusan juta bahkan mungkin milyaran, dia lebih memilih serumah dengan orang tua, dengan kondisi tempat tinggal yang sangat sederhana dan bersahaja.Gus Junawi tidak suka disebut "paranormal" namun dia diam saja ketika masyarakat menjulukinya dengan "Robin Hood".

Kembali pada lukisan Nyi Roro Kidul yang ada di rumah "Robin Hood"; foto lukisan yang saya dapat dari sahabat saya Gus Kalimi ini  sudah ditawar seharga satu milyar rupiah (Rp. 1.000.000.000,00), namun oleh "Robin Hood" belum dilepaskan. Sementara lukisan Bung Karno yang mendampingi lukisan Ratu Kidul, sudah dibeli oleh seorang politikus puteri -anggota DPR-RI asal Kediri senilai seratus juta rupiah. Hasil penjualan dibelikan sembako dibagikan pada warga miskin. Mengapa "Robin Hood" enggan menjual "Sang Ratu Kidul" ?! Entahlah, saya sendiri belum tahu jawabannya.

Menurut setiap orang yang pernah melihat dari dekat, lukisan Ratu Pantai Selatan yang ini memang luar biasa. Dari mana pun kita menontonnya, seolah Sang Ratu selalu menatap mata yang melihatnya! Begitulah ujar mereka. Cobalah, Sahabat Blogger perhatikan dan teliti betul, pernahkah Sahabat melihat lukisan yang sedemikian nyata keindahan serta kesan alamiahnya. Kalau saya, belum pernah menemukan. Sungguh, kecantikan, keanggunan dan keseksian Ratu Kidul memancar serta berpendar-pendar dari sekujur wujudnya.

Ratu Kidul bagi sementara orang dianggap hanya sebagai legenda atau mitos. Namun, banyak orang Jawa, Sunda, Madura dan Bali, yang justru menganggap Nyi Roro Kidul bukan sebagai mitos. Melainkan sesosok Jin puteri yang menguasai seantero Samudera Hindia, sepanjang pantai selatan mulai dari Ujung Kulon hingga Pelabuhan Benoa di Bali.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, sosok Ratu Kidul merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawa. Karena orang Jawa mengenal sebuah istilah "telu-teluning atunggal" yaitu tiga sosok yang menjadi satu kekuatan. Yaitu, Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Panembahan merupakan pendiri kerajaan Mataram, yang dipertemukan oleh Ratu Kidul ketika bertiwikrama sesuai arahan Sunan Kalijaga guna memenuhi wangsit yang diterimanya membangun sebuah keraton yang sebelumnya sebuah hutan dengan nama "alas mentaok" (kini Kotagede di Daerah Istimewa Yogyakarta). Pada proses bertapa, diceritakan semua alam menjadi kacau, ombak besar, hujan badai, gempa, dan gunung meletus. Ratu Kidul setuju membantu dan melindungi Kerajaan Mataram, dan bahkan dipercaya menjadi "istri spiritual" bagi Raja-raja trah Mataram.

Kita kembali pada lukisan; Ratu Kidul nampak didampingi sang abdi setia Nyi Blorong (Ular Besar). Ular bersisik keemasan dengan mata merah membara, serta berlidah menawan. Nyi Blorong dikenal genit dan suka menggoda. Berbeda dengan sang Ratu, yang anggun mempesona dengan tatapan yang syahdu memukau dan terkesan sangat bijaksana. Sementara, di latar belakang, gumpalan awan yang ada di bagian kanan atas, nampak seperti sepasang mata yang menyeramkan. Mata siapakah itu?! Bila diperhatikan dengan seksama, pada "bola mata" sebelah kanan, seakan ada bayangan sesosok lelaki di sana, lelaki yang gagah perkasa sedang duduk bertapa di atas sebuah batu! Siapakah dia?! Agar lebih jelas, sebaiknya Sahabat mendownload foto aslinya di sini.

Sayang, saya tidak tahu, karya siapakah lukisan asli dari gambar "Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan Yang Tetap Cantik, Seksi dan Muda Belia" yang dipajang di ruang tamu Gus Junawi di Tulungagung, Jawa Timur ini. Semoga Sahabat blogger dapat mengambil hikmah dari postingan perdana saya pada tahun 2012, 1 Januari, hari Minggu Wage.

Bagi Anda, yang terlepas dari keyakinan mitologi Ratu Kidul, tetaplah teguh pada keyakinan Anda. Sebagaimana diri saya, tetap berpegang pada keimanan Islam. Masalah kepercayaan dan agama adalah hak azazi manusia. Tuhan Yang Maha Kuasa pun, tidak memaksakan manusia untuk memeluk suatu agama. Allah SWT hanya memberikan hidayah dan mengutus para Rasul untuk mendakwahkan "kebenaran yang hakiki".

Salam sahabat, selamat Tahun Baru 2012, selalu energik, tetap kreatif dan produktif demi kejayaan khasanah blogging dan dunia maya.


Artikel terkait:

11 Komentar:

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

Dasar liwar bungasnyalah..izin umpat mendownload nah gasan diulah wallpaper PC..tuh sdh ulun klik 1+ nang diatas tu..hahahhayyyy.

Mas Syaif mengatakan...

nice info sobat, wah 1 miliar karya seni memang mahal :D mampir nih dari Blog softart

Lina CahNdeso mengatakan...

@ ICAH BANJARMASIN : Blog ampunku bisa bungas ni berkat ada soft dari XHeader nang ikam posting dahulu tu...ICAH BANJARMASIN. Makasih...

Lina CahNdeso mengatakan...

@ Mas Syaif: Faktanya memang sudah ditawar seharga 1 Milyar, tapi Gus Junawi masih kukuh bertahan, untuk tidak menjualnya. Thanks sudah mampir di sini, langsung go kunjung balik, Gan

lina@happy family mengatakan...

Luar biasa cantik Nyi Roro Kidul di lukisan ini. Sama ngga ya wajahnya dengan lukisan Nyi Roro Kidul karya Basuki Abdullah yang terkenal itu?

Lina CahNdeso mengatakan...

@ lina@happy family: Salam Sahabat, Thanks sudah hadir di sini, dan Semoga Tahun Baru 2012 memberikan peluang sukses lebih besar bagi Jenk Lina, untuk meraih sukses dan tetap berjaya. Saya belum pernah melihat lukisan Nyi Roro Kidul karya Basoeki Abdoellah, dalam prediksi saya, mengingat nama besarnya tentu lukisan tersebut lebih berkualitas.

Zikir dan Kontemplasi mengatakan...

Sebuah karya seni yang bernilai tinggi, dan terlebih lagi si empunya seoarang dermawan yang suka membagi-bagikan hartanya kepada orang miskin, dan tetap hidup dengan kesederhanaan.

Lina CahNdeso mengatakan...

@ Zikir dan Kontemplasi: Betul sekali, Sahabatku; mudah-mudahan tidak dikaitkan dengan hal-hal yang syirik oleh yang melihat lukisan tersebut. Salam sahabat..

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah luar biasa nyi roro kidul ini ya

cindelaras mengatakan...

mungkin lukisan itu menyimpan kenangngan pribadi bagi si pelukis.. jadinya ga dilepas walaupun sudah ditawar tinggi..
tapi lukisannya memang keren banget... :D

Obat tradisional darah tinggi mengatakan...

mantap nie gan cerita nya sangat bagus dan sangat menarik,,,

Posting Komentar

"Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (255) Artikel (223) Info (212) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (161) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (86) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (83) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (63) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Artikel-Copas (21) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (9) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top