Rabu, 15 September 2010

Pemerintah SBY: Prioritaskan Akselerasi Pengentasan Kemiskinan

Mengikuti pidato pengantar Presiden SBY pada forum kuliah kepresidenan di Istana Negara, Jakarta, tadi pagi, sungguh sangat menggembirakan. Semoga, niat dan tekad yang digariskan dalam inti pidato tersebut  dapat sungguh-sungguh diwujudkan. Kendati inti permasalahan yang dijanjikan itu selalu klise dan sama sebangun dengan semua rezim yang pernah memerintah di negeri ini, namun kondisi dan situasi perkembangan jauh berbeda. 

Sebagai anak desa yang jauh dari hiruk pikuk Ibukota dengan berbagai gaya-muslihat dan persekongkolan, saya merasakan bahwa janji-janji klise serta kebijakan para pemegang tampuk kekuasaan justru dijadikan ajang berlomba dan memacu kemaslahatan para pejabat di daerah-daerah. Terlebih lagi di daerah tertinggal seperti kotaku, yang dikenal sebagai kota Cassava - Trenggalek tercinta. Silih berganti tokoh yang mengendalikan pemerintahan dan birokrasi, legeslasi dan yudikasi, hampir tiada perubahan yang signifikan. Semua kegiatan pembangunan berjalan bagai arus mudik yang membanjiri daerah-daerah, yakni sebagian besar dilaksanakan hanya tatkala penghujung tahun anggaran berakhir.

Alangkah indah dan bijaksananya, seandainya program yang memihak pada rakyat diglontorkan sesuai dengan jadwal dan kepentingannya. Dan pasti buahnya akan lebih terasa segar, jikalau penanganannya bersih dari praktek-praktek yang korup! Praktek yang penuh trik dan tipu muslihat akibat banyaknya tokoh pejabat, birokrat dan legeslatif yang merangkap jadi "backing" perusahaan atau rekanan penyedia jasa pembangunan di daerah ini.  

Terkait dengan judul postingan ini, Presiden menjelaskan program utama untuk mengentaskan kemiskinan adalah mengurangi angka pengangguran. Dengan pengurangan pengangguran, tingkat perekonomian masyarakat akan meningkat. Untuk itu, pemerintah berniat untuk terus menjalankan kebijakan empat jalur dalam bidang ekonomi, yaitu pertumbuhan, lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, dan ramah lingkungan. Presiden optimistis, dengan usaha maksimal, Indonesia mampu tumbuh dan sejahtera. Pemerintah menargetkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir 2010 mencapai enam persen, atau naik dari capaian setahun sebelumnya yang hanya 4,5 persen.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri kuliah kepresidenan tentang pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan rakyat di Istana Negara, Jakarta. Materi kuliah tersebut disampaikan oleh Dekan Harvard Kennedy School, John F. Kennedy School of Government, Prof David T. Ellwood, dengan tema utama "Creating Job, Reducing Poverty and Improving the Welfare of the People: Acting in Time on Hard Problems".

Presiden hadir dalam perkuliahan itu dengan didampingi oleh Wakil Presiden Boediono. Presiden dan Wakil Presiden tiba di tempat acara pada pukul 10.00 WIB. Seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, beberapa pejabat negara lainnya, para pimpinan BUMN, rektor sejumlah universitas, dan pimpinan media massa juga hadir dalam acara tersebut.

Kemudian, para akademisi, praktisi dan pengamat ekonomi yang tergabung dalam Komite Ekonomi Nasional dan Komite Inovasi Nasional juga berada di tempat acara.  Sebelum mengikuti perkuliahan, Presiden menerima Prof David T. Ellwood di Kantor Kepresidenan. Selain itu, Presiden juga menerima Direktur ASH Center for Democratic Governance and Innovation, Prof Anthony Saich, serta Fritz E. Simandjuntak dan Peter Sondakh dari Yayasan Rajawali. (sumber inspirasi : antara)

Perlu juga Anda baca, tentang Trenggalek : 

NB. Info Khusus : Bagi Sobat-sobat blogger pemula seperti saya, yang ingin ikutan kontes Menjadi Blogger Yang Bahagia, segera saja lihat persyaratan lengkapnya di Info Kontes: Menjadi Blogger Yang Bahagia. Daftarkan diri Anda, ikut serta jangan ragu-ragu lagi. Hadiah dan kejuaraan bukan tujuan, namun persahabatan dan nilai-nilai silaturrakhmi antar blogger merupakan kekayaan putera-puteri Ibu Pertiwi yang tiada ternilai mulianya.


16 Komentar:

Muhammad Chandra mengatakan...

amankan PERTAMAX dulu ! :D

Muhammad Chandra mengatakan...

teori yang bagus harus di jalankan dengan praktek yg bener juga pak SBY ku tercinta

Lina CahNdeso mengatakan...

@Muhammad Chandra Thanx for comment. Betul sekali, teori dan praktek harus sinkron... biar kita cepat kayaaaaa..... xaxaxa...

Bejo mengatakan...

ya betul tuh

kalo cuma teori, banyak omong gak manfaat
tapi kalo teori dan praktek berjalan sukses, hebat dan jempol

salam human. hahaha

Lina CahNdeso mengatakan...

@Bejo Human Bejo sangat benar dan jempol..., peace and love for you, Guys...

Unknown mengatakan...

salam sahabat
ikutan mas chandra pertamaxxxxx dari belakang hehehe
kalau dirasa memprioritaskan dari yang disampaikan SBY bila kenyataan tidak searah pasti kena deportasi lagi mas hehehehe

CahKtho mengatakan...

Apa yang telah dilakukan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan......? apa sudah membuka lapangan pekerjaan, bagaimana trik (program)pengentasan kemiskinan, dan bagaimana mengatasi lingkungan yang sering banjir.....? di kota gaplek ini....? orang yang punya kerjaan kecil-kecilan saja di bunuh secara perlahan....! contoh pedagang pasar tradisional dibunuh dengan adanya indomart,alfamart dan plasa2 berdiri subur di kota-kota kecil ini..... he...hee... heee......

Lina CahNdeso mengatakan...

@CahKtho Iya, kita hanya bisa berharap mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai dengan harapan rakyat jelata. Kendati demikian, lebih baik berusaha mandiri dan tidak bergantung pada uluran tangan pihak ketiga... fight-fight-fight... success for you always..

CahKtho mengatakan...

Kalau semua cuma berharap mana bisa berubah..... paling tidak mau meyuarakan, kalau tidak bisa berbuat..... bagamana memanfaatka lingkungan sehingga bisa lebih baik ! he.... hee.... heee...

Lina CahNdeso mengatakan...

@CahKtho Anda benar, paling tidak kita dapat meledakkan emosi ke-tidak-setuju-an terhadap kebijakan yang melukai hati nurani

CahKutho mengatakan...

la inggih.... bendungan nglinggis pucang anak mugi2 cepet dipun garap.... benjiripun kelutan kersane radi sudho.....! gih saget bikak lapangan pendamelan kagem piantun2 Galek kalian Ponorogo !

Rizkyzone mengatakan...

pemerintah jangan cuma koar2 aja, jangan kasih harapan terlalu tinggi, yg penting buktinya, kalau bisa buat ladang pekerjaan sendiri agar rakyat anda g repot jd TKI

Lina CahNdeso mengatakan...

@CahKutho Bendungan Nlinggis, Insyaallah pasti digarap pada awal tahun depan. Mudah-mudahan lancar...amien

Lina CahNdeso mengatakan...

@Rizky2009 Setuju banget! Biar tenaga kerja kita lebih afdol mengabdi di negeri sendiri... amien

CahKutho mengatakan...

Pemerintah akan sukses mengentaskan kemiskinan..... bila pemerintah sudah bisa menjual produk/SDM rakyatnya...... bukan membuat lapangan pekerjaan.....yang akhirnya lapangan pekerjaan itu gak bisa jalan karena SDM rakyat tidak mampu mengerjakan ! Contoh :pemerintah mau buat pabrik alat kedokteran yang amat canggih.... kalau SDM rakyatnya gak mampu akhirnya tenaga cari dari luar negeri......atau pabrik itu gak beroprasi..... siapa yang rugi.....?

Lina CahNdeso mengatakan...

@CahKutho Betul sekali, Kangmas. Mudah-mudahan bupati kita yang baru bisa mengerti keinginan masyarakat Trenggalek... amien

Posting Komentar

"Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (255) Artikel (223) Info (212) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (161) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (86) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (83) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (63) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Artikel-Copas (21) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (9) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top